Pencarian

Memuat...

Minggu, 18 September 2011

Trenyuh


Apakah anda merasa iba dengan orang di samping? Apakah anda merasa trenyuh melihatnya? Jika jawabannya iya berarti kesadaran dan kepekaan moral masih ada dalam diri anda. Namun apabila jawabannya tidak berarti anda perlu introspeksi dan koreksi diri. Bukannya saya bermaksud menjelek-jelekkan mengenai gambar di samping. Namun apabila kita mau mencermati makna dan nilai-nilai kehidupan yang terkandung dibaliknya, maka kita mungkin bisa lebih menghargai kata “syukur”.

Syukur, suatu kata yang mungkin sederhana dan mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Mungkin karena kita merasa selalu kurang dan merasa ingin lebih dan lebih lagi. Padahal Allah SWT telah memberikan nikmat dan karunia yang besar kepada kita namun kita tak menyadarinya. Nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada manusia begitu banyak dan berlimpah, diantaranya yaitu akal pikiran kita. Akal pikiran kita jika kita gunakan sebaik dan semurni mungkin maka kita akan menyadari betapa beruntungnya kita di dunia ini.

Coba bandingkan saja dengan gambar di atas. Apakah kita seperti itu? Apakah kita masih lebih baik dan lebih beruntung? Saya yakin hampir semuanya lebih beruntung dan lebih baik. Lalu mengapa terkadang kita masih mengeluh dan selalu merasa kurang? Pertanyaan itu hendaknya ditujukan khususnya untuk diri saya sendiri dan juga bagi mereka yang masih saja tidak bersyukur. Mungkin boleh saja bagi kita merasa ingin lebih baik dan lebih baik lagi. Namun itu tidak menjadi suatu alasan bagi kita untuk tidak mensyukuri nikmat dan karunia-Nya.

Di dalam Al-Quran surat Ibrahim ayat 7 dijelaskan mengenai syukur

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS Ibrahim : 7)

Dari kutipan ayat diatas bisa kita cermati betapa Allah SWT melaknat orang yang kufur atau orang yang tidak mensyukuri nikmatnya. Dan juga akan ditambahkan nikmat oleh-Nya bagi orang-orang yang bersyukur. Jadi cobalah kita untuk berbuat syukur karena sesungguhnya syukur itu akan menambah nikmat kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar